Kamis, 07 Juli 2011

Lomba Lari Gendong Istri di Finlandia


MAJALAHASIK.COM - Sebuah tradisi unik selalu digelar tiap awal musim panas di Finlandia. Pasangan suami-istri akan mengadu kekuatan dan kerjasama dalam sebuah lomba lari sembari menggendong istri.

Menurut harian Metro, pasangan Taisto Miettinen dan Kristiina Haapanen membuktikan diri mereka sebagai pasangan terbaik dalam tiga tahun terakhir. Keduanya memenangkan perlombaan setelah menyisihkan 16 pasangan suami-istri lainnya di arena lomba selama tiga tahun berturut-turut.

Lomba lari yang unik ini berjarak 250 meter. Selama berlari, ada berbagai halangan yang harus dilalui seperti balok rintang dan menyeberangi kolam air selama semenit.

Selama pertandingan pun, sambil berlari peserta pria harus membawa serta pasangan wanita atau istri mereka di bahu, dengan kaki melilit di leher.

Sang pemenang, Miettinen mengatakan, betapa sulitnya mempertahankan gelar juara yang berlangsung minggu lalu. "Tentu saja lebih sulit tahun ini karena kendala air, yang lebih dalam," ujarnya.

Dia menambahkan, "kondisi cuaca juga sangat panas, suhu 30 derajat Celcius sangat mengganggu saya."

Pasangan ini, seperti dilansir laman harian Metro, membeberkan rahasia untuk memenangkan lomba lari memanggul istri. Mereka berlatih dengan menggunakan sepatu ski. Setelah dinobatkan sebagai juara, pasangan ini menikmati kemenangan mereka dengan hadiah sebotol wine.

Perlombaan unik ini didasarkan pada legenda seorang pencuri Finlandia, Herkko Rosvo-Ronkainen. Dikisahkan ia mencuri makanan dan wanita di desa-desa terdekat dan kabur membawa curian di atas kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar