Kamis, 07 Juli 2011

Pola Makanan Sehat Cegah Resiko Pra-Diabetes

Headline

MAJALAHASIK.COM - Fenomena pra-diabetes merupakan epidemi yang dihadapi Indonesia saat ini. Karenanya, penting mengatur dan menjaga pola makan yang sehat untuk mencegah risiko tekena pra-diabetes.

Penderita pra-diabetes diperkirakan sebanyak dua kali lipat dari jumlah penderita diabetes. Pada 2007, tercatat sekitar 12,5 juta jiwa penduduk Indonesia positif pengidap diabetes.

Jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat pada 2030 lebih dari 21,3 juta jiwa. Pra-diabetes adalah sebuah kondisi tingkat gula darah seseorang lebih tinggi dari normal.

Ahli gizi klinis,dr. Samuel Oetoro mengatakan gaya hidup masyarakat modern yang cenderung serba instan dan kurang sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan junk food, rentan menyebabkan seseorang terkena pra - diabetes.

Sehingga tak heran banyak orang berusia di bawah 30 tahun sudah terkena penyakit ini. Kehadiran diabetes pada awalnya sering kali tak disadari si penderita.

Penderita pra-diabetes dikategorikan sebagai seseorang yang memiliki kadar gula darah normal setelah makan lebih dari 140 mg/l.

“Usahakan menjaga kadar gula darah, jangan sampai melewati angka 140 mg/l,” ujar dr. Samuel.

Tidak menimbulkan gejala

Penderita pra-diabetes seringkali tidak menunjukkan gejala signifikan, karenanya ditekankan untuk menerapkan pola makan yang sehat agar kesehatan pada pankreas yang berfungsi sebagai penghasil insulin pun tetap terjaga dengan baik.

"Disarankan Anda mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan, dengan waktu makan lima kali sehari tiga kali makan besar dan dua kali makan makanan ringan," ungkap dr. Samuel.

Selain itu, dr. Samuel juga menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan mengandung gula sederhana, lemak jenuh, kolesterol tinggi, lemak terhidrogenasi, zat aditif dan alkohol.

Pilihlah makanan organik sebagai gantinya, sebab makanan itu mengandung serat tinggi seperti yang terdapat pada beras merah, bekatul, buah-buahan atau sayuran dengan jumlah lebih dari lima macam per hari, sereal, kacang-kacangan dan roti gandum.

Selain itu Anda juga disarankan lebih banyak mengkonsumsi ikan, bawang putih atau merah, serta mengganti kopi dengan teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar